Kamis, 06 Oktober 2016

Peluang Usaha Jasa Pengeditan Naskah

Editing adalah kegiatan mengoreksi naskan (ejaan, tata bahasa, isi dan lain-lain) hingga layak disajikan kepada publik. Naskah yang diedit bisa berupa naskah buku, novel dan sebagainya. Orang yang melakukan proses editing kerap disebut editor. Editor adalah orang yang bertugas untuk membetulkan kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam naskah, misalnya membuat kalimat bertele-tele menjadi lebih efektif.

Saai ini, usaha penerbitan telah tumbuh menjadi industry yang berkembang pesat dan mengalami banyak kemajuan. Hal tersebut mendorong timbulnya kebutuhan akan tenaga editor-editor lepas (freelance editor) untuk membantu penerbit mengoreksi naskah-naskah yang akan dicetak menjadi buku. Ini merupakan kesempatan bagi orang-orang yang memiliki minat kemampuan di bidang penulisan dan pengeditan buku. Dengan menerima order mengedit, kita bisa memperoleh penghasilan ratusan ribu, bahkan hingga jutaan rupiah perbulan.

baca juga : Peluang Usaha Jasa Cetak Foto Digital

Untuk melakukan pengedikan naskah, kita hampir tidak perlu memerlukan biaya, kecuali anda tidak memiliki komputer sendiri, sehingga harus mengeluarkan biaya rental komputer, atau bahkan membeli seperangkat komputer baru.

Pola promosi yang dapat dilakukan :

- Membangun hubungan kerja sama yang baik dengan pihak penerbit dan penulis

- Promosikan diri kita dengan memberikan portofolio kepada pihak penerbitan.

- Perkaya diri dengan pengetahuan mengenai pengeditan naskah, baik melalui pendidikan formal maupun non formal. Tetapi tenggat waktu yang sudah ditentukan atau disepakati sebelumnya, karena usaha penerbitan adalah dunia yang sangat berkaitan dengan jadwal cetak dan terbit sebuah buku.

Demikian artikel Peluang Usaha Jasa Pengeditan Naskah semoga menjadi inspirasi dan dapat bermanfaat bagi para calon pengusaha baru.

selanjutnya : Peluang Usaha Membuka Toko Kado

Tidak ada komentar:
Write komentar