Sunday, June 12, 2016

Peluang Usaha Event Organizer


Usaha Event Organizer

Event organizer adalah pihak yang mengelola, mengatur, menyiapkan dan menyelenggarakan suatu acara, berdasarkan permintaan dari pihak lain, yang bias berupa perorangan maupun lembaga. Acara yang bias dikerjakan oleh sebuah event organizer adalah konser musik, malam pengumpulan dana, bazaar, pameran, seminar, hingga resepsi pernikahan.


Bisnis event organizer sangat mengandalkan ketelitian, kerja keras dan kepekaan dalam mengikuti kemauan pelanggan. Karena ia termasuk ke dalam kategori usaha jasa, yang sangat mengutamakan pelayanan yang baik. Jika anda hendak memasuki bisnis ini, sebaiknya menentukan spesialisasi acara terlebih dahulu, karena jika anda langsung menangani order yang berlainan jenis tanpa pengalaman, bias terjadi kesalahan-kesalahan fatal yang menyebabkan program tidak berjalan maksimal.


Pola promosi yang dapat dilakukan :

- Menentukan spesialisasi acara yang akan digarap. Sebaiknya pilih jenis acara yang sederhana sebagai permulaan, misalnya arisan, pengajian atau khitanan dan lain-lain.
- Rekrut anggota-anggota yang memiliki kemampuan mengorganisasikan acara.
- Sebarkan informasi usaha anda seluas mungkin.
- Tawarkan harga yang kompetitif sebagai permulaan.
- Jalin kerja sama dengan instansi-instansi atau pribadi yang sering mengadakan acara.
- Jalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang berpotensi menjadi seponsor.
- Tawarkan program acara yang disesuaikan dengan misi yang diemban perusahaan tertentu, unyuk membantu mereka mempromosikan produk atau layanannya.

Demikian artikel semoga menjadi inspirasi dan dapat bermanfaat bagi para calon pengusaha baru.

No comments:
Write komentar