Kamis, 20 Oktober 2016

Peluang Usaha Membuka Tempat Salon Kendaraan

Punya hobi utak-atik kendaraan bermotor? Kalau ya, barangkali, usaha yang satu ini sangat cocok dengan kamu. Sebagai anak muda, kamu pasti ingin jika kendaraan yang kamu tumpangi tampil keren, bukan? Nah, remaja dan anak muda saat ini yang satu pikiran dengan kamu, ingin tampil keren dengan tumpangannya, pasti jumlahnya banyak. Kesempatan ini bisa menjadi peluang bagi kamu yang ingin punya usaha salon motor.
Peluang Usaha Membuka Tempat Salon Kendaraan

Ya, layaknya orang, untuk tampil cantik, kendaraan pun perlu masuk ke salon. Di sana kendaraan kita bisa divermax menjadi lebih cantik bin keren. Mulai dari dikinclongin catnya, ditambah aksesorisnya, atau didandani dengan berbagai atribut yang membedakan dengan yang lain. Makin beda dengan yang lain, makin menarik perhatian, makin mahal juga ongkos yang dikeluarkan. Di sinilah peluang bagi kamu yang ingin mengambil kesempatan jadi pengusaha pemula di bisnis salon motor. Kamu bisa membuka jasa untuk mendandani dan mempercantik kendaraan orang lain. Ya, itung-itung kamu punya hobi yang bisa menghasilkan bukan?

Coba bayangkan! Untuk membersihkan satu motor sekarang saja sudah memerlukan biaya sekitar lima ribu rupiah. Padahal, kalau kamu lihat di mana-mana sekarang motor makin banyak. Jadi, di sini kesempatannya masih sangat terbuka. Kalau sehari bisa membersihkan 10 motor saja, kamu sudah punya potensi penghasilan Rp 50 ribu sehari. Sebulan? Ya, tinggal kalikan saja dengan 30 hari alias Rp 1,5 juta sebulan. Itu baru dari mencuci motor. Kalau minta dikinclongin lagi dengan semir, biayanya bisa sampai Rp 10 ribu per motor. Jadi, potensi penghasilannya masih sangat besar. Apalagi kalau kamu bisa mencari lokasi yang strategis, tak jarang kamu justru bakal kewalahan alias tak hanya sehari 10 motor, tapi bahkan bisa sampai 20 atau 30 motor. Menarik, bukan?

Itu belum seberapa. Kalau kamu menambah lagi dengan bisnis aksesori, sudah tentu ini akan lebih menghasilkan. Dan, jangan tanya berapa penghasilanmu per bulan nantinya. Bisa jadi kamu sendiri akan kaget dengan jumlah yang dihasilkan dari bisnis salon motor. Jadi, siap eksyen? Kalau sudah siap, lantas apa saja yang perlu dilakukan untuk memulai usaha ini? Oke, mari kita coba bahas satu per satu.
 
Menentukan Lokasi Yang Tepat

Untuk memulai usaha ini, siapkan lokasi yang cukup untuk menampung minimal dua motor. Kalau belum punya modal yang cukup untuk menyewa tempat yang cukup strategis, coba saja pakai halaman rumah. Tapi, kalau punya modal lebih, coba cari lokasi yang dekat kampus, dekat kos-kosan, atau lokasi lain yang dekat dengan lalu lintas kendaraan bermotor. Biaya sewa ini bisa sangat bervariasi. Mungkin hanya Rp 200 ribu per bulan, tapi bisa juga lebih dari itu. Usahakan punya tabungan lebih dari usaha ini, investasikan juga untuk membeli tanah ukuran sedang untuk memperbesar usaha nantinya.
 
Modal Kerja

Yang kedua bicara modal utama. Yakni peralatan untuk mempercantik kendaraan. Untuk membersihkan kendaraan ini, kamu membutuhkan kompresor guna membantu menyemprot air dengan kekuatan sembur tinggi untuk menjangkau bagian terdalam yang sulit dijangkau. Kalau perlu, cari mesin steam sehingga akan lebih bersih dan mengkilat hasilnya. Juga siapkan aneka peralatan cuci seperti sabun atau shampoo, pengkilat cat kendaraan, sikat, selang, dan lain-lain. Biayanya mungkin sekitar Rp 5 – 7 jutaan untuk menyiapkan semua peralatan ini.

Biaya Operasional

Nah, untuk menjalankan usaha ini sudah pasti kamu perlu memperhitungkan juga biaya listrik jika menggunakan pompa air listrik. Atau jika kamu menggunakan air PAM, perkirakan juga biaya yang harus dibayar setiap bulannya. Jangan lupa, hitung juga biaya lainnya seperti untuk pembelian sabun cuci, semir, modal aksesoris tambahan, dan lain-lain. (Agoeng Widyatmoko)

Demikian artikel Peluang Usaha Membuka Tempat Salon Kendaraan semoga menjadi inspirasi dan dapat bermanfaat bagi para calon pengusaha baru.

Tidak ada komentar:
Write komentar