Rabu, 20 Juni 2018

Peranan Harga Dalam Bauran Pemasaran

Pada kondisi dan situasi penuh persaiangan peranan harga cenderung meningkat, menurut Prof.Michael Laric dalam buku Marketing Startegy and Management, Michael J Baker, Emeritus Proffesor of Marketing, Strathclyde University, England, peranan harga dalam bauran pemasaran bahwa peranan harga cenderung meningkat apabila kondisi-kondisi berikut terjadi; 

Peranan Harga Dalam Bauran Pemasaran
· produk tersebut pertama kali diterjunkan ke pasar;
· dikaitkan dengan tujuan perusahaan;
· perusahaan kompetitor melakukan penurunan harga;
· adanya produk baru yang dihasilkan dari pengembangan teknologi baru yang mempunyai sifat subtitusi dan lebih efisien serta efektif.

Disamping itu menurut dari Prof Michael J Baker, harga memiliki peranan penting dalam bauran pemasaran dikarenakan :

· Elasitas harga lebih besar pengaruh terhadap permintaan dibandingkan dengan elasitas elemen marketing mix lainnya;
· Perubahan harga sangat mempengaruhi perubahan jumlah penjualan;
· Pelaksanaan perubahan harga jauh lebih mudah dibandingkan dengan rencana perubahan strategi produk atau promosi;
· Reaksi perusahaan saingan terhadap perubahan harga biasanya lebih cepat dan sensitif;
· Dalam melaksanakan implementasi harga tidak memerlukan investasi modal;
· Harga suatu produk sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal (resesi ekonomi dan inflasi, peningkatan suhu persaingan, kejenuhan pasar atau kelebihan jumlah pasokan, muncul perusahaan kompetitor baru, dan berkembangnya konsumerisme).

Tidak ada komentar:
Write komentar