Tuesday, August 11, 2015

Cara Menjadi Wirausaha Yang Tangguh dan Tahan Banting

Cara Menjadi Wirausaha Yang Tangguh dan Tahan Banting
Langkah selanjutnya adalah mengembangkan jiwa dan pola pikir sebagai wirausaha yang tangguh agar berhasil mengembangkan usaha yang dirintis.

a. Memperluas pengetahuan 
 
Kebingunan yang muncul sebelum memulai usaha adalah karena tidak memiliki wawasan tentang berbagai hal tentang dunia bisnis. Untuk itu, perluaslah cakrawala pengetahuan sebelum memulai bisnis. Latihlah kekuatan diri setiap hari dengan belajar dari orang lain, mengikuti berbagai kursus, seminar, atau membaca buku tentang kewirausahaan dan tokoh-tokohnya yang berhasil sehingga bisa menginspirasi dan memotivasi jiwa wirausaha.

b. Membina netwirking

Selain pengetahuan, anda juga perlu membija jaringan kerja dengan berbagai sektor yang terkait maupun tidak bisnis yang akan anda tenuni jaringan kerja ini akan memiliki andil yang besar untuk memperlancar segala urusan dalam dunia bisnis.

c. Berpikir untuk memuali bisnis yang kecil dan sederhana

Banyak perusahaan besar berkembang dari bisnis yang kecil, lalu tumbuh menjadi besar. Usaha yang tumbuh dari kecil akan cukup mendapat tempaan selama perjalanan usahanya sampai menjadi besar dan berhasil berkembang.

d. Kreatif dan inovatif

Ini adalah prinsip dasar yang harus dimiliki pewirausaha. Anda harus kreatif menemukan ide-ide baru yang belum tergarap atau sudah tergarap dengan inovasi. Setelah usaha berjalan, seorang wirausaha juga harus terus mengembangkan ide-ide kreatifnya untuk kemajuan usaha atau diversikasi usahanya karena selalu melihat dan mencoba pelung-peluang baru.

e. Memiliki sikap positif

Merupakan kiat sukses lain dalam memulai sebuah usaha. Yakinkan diri bahwa dengan membuka usaha, anda akan mampu memiliki penghasilan setiap hari dan lebih besar dari sebelumnya. Lupakan kelemahan-kelemahan diri yang bisa menghalangi kemajuan dalam berbisnis. Bersikaplah sabar, tidak pantang menyerah, terus belajar, dan selalu melihat permasalahan secara positif.

f. Sukses itu harus diperjuangkan dan penuh pengorbanan

Langkah ini tidak akan membuat anda mundur kalau anda sudah berhasil mengubah mindset anda. Jatuh bangun dalam dunia bisnis itu biasa. Namun, sekali jatuh, anda akan bangun dan menjadi lebih kuat. Anda mungkin akan mengalami kurang tidur, kekhawatiran gagal, sakit kepala atau mag, dan menganggung resiko. Namun, setelah bisa melewati semua itu, anda akan terbiasa. Bersamaan dengan pengalaman dan proses belajar tersebut, anda akan lebih matang dan percaya diri menghadapi berbagai kondisi. Pengusaha sukses adalah mereka yang berhasil melewati beberapa kendala ketika bisnis mereka baru mulai dan setelah itu mampumembesarkannya. Mereka adalah orang yang pantang menyerah, mampu bertahan, dan tetap bersemangat.

No comments:
Write komentar