Wednesday, August 19, 2015

Waktu Yang Tepat Untuk Memulai Usaha

Waktu Yang Tepat Untuk Memulai Usaha
Persiapan untuk sebelum memulai usaha skala rumah tangga adalah persiapan modal dan perlengkapan usaha. Sebagaimana disebutkan pada kata pengantar, saat baru memulai usaha makanan skala rumah tangga umumnya membutuhkan modal relatif kecil. Usaha pembuatan susu kacang kedelai misalnya, hanya membutuhkan biaya ivestasi (pembelian pelengkapan usaha) sekitar tiga juta rupiah dan biaya operasional perbulan hanya sekitar dua juta rupiah. Biaya investasi tiga juta rupiah pun dengan asumsi semua perlengkapan usaha yang digunakan adalah baru atau dibeli pada saat akan menjalankan usaha.

Modal dapat dikurangi dengan cara menggunakan secara maksimal peralatan yang ada dirumah, misalnya kompor, panci, penggorengan, blender, oven, ataupun mixer. Setelah usaha berjalan lancar dan pelanggan berdatangan, berbagai peralatan khusus dapat dibeli untuk mengimbangi kenaikan jumlah produksi.

Kadang-kadang, meskipun secara teknis usaha dapat dijalankan (perlengkapan usaha, walaupun sederhana sudah dimiliki dan modal walaupun sedikit sudah ada) tetap saja keraguan muncul. Hal ini dapat terjadi karena sebelumnya belum pernah menjalankan usaha sehingga ragu-ragu untuk memulai.

Jika menunggu “segalanya” sempurna, usaha (apa pun jenisnya) tidak akan dijalankan. Karena, seperti kata pepatah, tak ada yang sempurna didunia ini. Tak ada gading yang tak retak. Pengetahuan terkait sebelum menjalankan usaha memang diperlukan, persiapan matang dibutuhkan. Namun, hanya tindakan yang akan menghasilkan perubahan.

No comments:
Write komentar