Thursday, September 8, 2016

10 Prinsip Cara Berpikir dan Bertindak Ala Orang Kaya

10 Prinsip Cara Berpikir dan Bertindak Ala Orang Kaya
Bagaimana cara supaya kita bisa berpikir, bersikap dan bertindak seperti orang kaya. Nah pertanyaan itulah yang akan kita jawab bersama kali ini.

10 prinsip super yang harus kita lakukan kalau kita mau berpikir, bersikap dan bertindak seperti orang kaya. Tujuannya jelas supaya kita bisa sukses dan kaya semuda mungkin.

Prinsip 1 : Orang Kaya Tidak Mau Jadi Orang Biasa-Biasa Saja

Lihat dan perhatikan orang kaya raya, seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Hendry Ford, dan banyak lagi. Apa mereka itu orang biasa? Jelas tidak. Orang-orang seperti mereka bukanlah orang biasa. Orang kaya (yang baik) itu bukan orang biasa. Satu hal yang saya yakini sampai saat ini adalah cara terbaik untuk menjadi orang biasa adalah dengan melakukan sesuatu yang biasa-biasa saja. Melakukan sesuatu secara biasa-biasa saja di sini maksudnya adalah tanpa inovasi. Dalam artian standar saja (ikut arus). Misalnya orang A saya ikut A, orang-orang pada bilang B itu bagus maka pilih B.

Orang-orang yang sukanya ikut arus dan tidak berani tampil beda, biasanya yang didapatnya juga biasa-biasa saja. Seperti dapat bayaran untuk orang biasa (gaji kecil), penghormatan kepadanya juga biasa dan bayak lagi hal biasa yang ia dapatkan. Jadi mulai dari sekarang, yuk kita jadi orang yang tidak biasa ☺. Jadilah inovatif.

Prinsip 2 : Punya Target (Impian) dan Jelas Sekali

Mengenai Impiannya Salah satu ciri orang kaya dan orang sukses adalah mereka punya target dan jelas sekali mengenai target (impian) tersebut. Apakah Anda sudah punya impian? Pernahkah Anda membaca novel laskar pelangi karya Andrea Hirata? Atau mungkin pernahkah Anda menonton film laskar pelangi? Lewat karya Andrea Hirata itu kita tahu bahwa kekuatan sebuah impian sangatlah luar biasa.

Kita bisa hidup dengan nyaman saat ini karena impianimpian orang-orang masa lalu. Dapatkah Anda bayangkan seperti apa hidup kita saat ini kalau dulu orang-orang tidak pernah bermimpi ingin terbang memakai pesawat? Impian punya kekuatan yang sangat kuat untuk mendukung kita menjadi lebih sukses dan berhasil. Kita hidup karena ada mimpi.

Jika kita tidak punya target maka kita itu seperti berjalan menelusuri jalan tapi kita tidak tahu mau ke mana. Buang-buang energi kan? . Hidup cuma sekali, dan waktu hidup banyak dihabiskan dengan melakukan sesuatu yang tidak jelas target (tujuannya). Untuk itu kalau mau sukses semuda mungkin, miliki target dan impian. Impian apa saja. Entah itu cita-cita profesi nanti, impian bisa punya peteranakan seluas 40 hektar lengkap dengan kuda-kude terbaik, punya pesawat pribadi, atau apapun.

Nah setelah Anda punya impian, maka perjelas dan jelaskanlah pada diri Anda sendiri mengenai bagaimana cara agar mencapai impian tersebut. Ini penting, penting sekali sebab dengan mem-visualisasikan impian kita, diri kita akan makin terpacu untuk sampai pada impian tersebut. Satu pesan saya, meskipun impian Anda itu sangat besar jangan pernah katakan tidak mungkin. Jangan menjadi orang pertama yang meragukan kemampuan Anda, hormati diri Anda, sebab jika Anda ikhlas melakukan yang bisa Anda lakukan saat ini maka Tuhan akan menunjukkan jalan untuk mencapai impian tersebut.

Prinsip 3 : Orang Kaya Selalu Belajar

Pernah dengar petuah belajarlah sampai ke negeri Tiongkok? Saya yakin sebagian besar dari Anda pernah mendengarnya. Petuah lama itu memang sangat relevan sampai saat ini, meskipun petuah kuno, lama, tapi petuah itu tidak pernah tergerus deburan ombak dinamika zaman, tetap mengendap di hati kita manusia sekarang ini.

Siapapun kita sekarang, entah kita direktur perusahaan multinasional, motivator terkemuka, pelajar SMP (SMA atau SD), pekerja profesional, dokter atau siapa saja kita tetap butuh belajar. Bagi orang yang mau sukses, belajar adalah suatu kebutuhan. Semakin banyak hal yang kita pelajari maka semakin banyak ilmu kita, bukankah Tuhan itu meninggikan derajat orang yang berilmu. Apalagi jika ilmunya itu bermanfaat bagi sesama. 

Untuk itu jangan pernah bolos di sekolah (buat teman-teman yang masih pelajar), bacalah buku, banyak-banyaklah membaca artikel, ikuti seminar, dan teladani orang yang sudah berhasil.

Prinsip 4 : Berfokus Pada Tindakan

Orang kaya sadar betul bahwa kesuksesan ada di alam tindakan, sebagus apapun rencana yang kita buat tetap saja tidak ada artinya kalau kita tidak betindak. Sebab perlu kita sadari bahwa bentuk terbaik dari rencana adalah tindakan.

Berapa banyak orang-orang yang sampai pensiun tidak membangun bisnis sendiri karena cuma berencana membangun bisnis tetapi tidak pernah bertindak memulai bisnis? Latihan bertindak ini tidak bisa kita lakukan hanya sesekali, kita harus menamamkan kebiasaan bertindak sejak kecil (sedini mungkin).

Ingat ya, orang pintar kalah dengan orang berani. Jadi bertindaklah. Lakukan sesuatu untuk mencapai impian Anda. Semakin cepat Anda memulai dan bertindak maka akan semakin cepat pula Anda mendapatkan.

Bukan apa yang kita katakan yang membuat kita diperhitungkan, akan tetapi apa yang kita lakukanlah yang akan diperhitungkan. Jadi lebih baik kita berfokus pada tindakan dibanding berbicara “koar-koar” tidak jelas. So, bertindaklah.

Satu kata-kata Pak Mario Teguh yang selalu terngiang di telinga saya adalah lebih baik salah keras, daripada benar tapi tidak kedengaran. Dan kata-kata itu membuat saya menjadi orang yang sangat berani bertindak untuk menggapai impian.

Prinsip 5 : Orang Kaya Menerapkan Rumus ATM

Pernah dengar rumus ATM?
Wah rumus apa itu?
Bagaimana logikanya? 
Apakah ada hubungannya dengan integral atau algoritma?

Rumus ATM sangat sederhana. Bunyi dalilnya seperti ini,
Sukses = Amati + Tiru + Menambahkan
Sederhana sekali bukan?
Namun meskipun rumusnya sederhana dampak dari rumus ini tidak sederhana lho.

Amati
Untuk sukses Anda perlu memiliki seorang panutan (idola) yang harus diamati. Misalnya Anda ingin sukses menjadi pembicara motivasi seperti Pak Mario Teguh, maka Anda harus mengamati dulu seperti apa Pak Mario Teguh, amati cara bicaranya, amati sikapnya ketika di depan audiens, perhatikan bagaimana cara beliau membangun brand (merek) dan sebagainya. Nah dari proses mengamati inilah kita bisa belajar.

Tiru
Setelah Anda mengamati, maka tirulah panutan tersebut. Tiru bagaimana cara bicara Pak Mario, kata-kata “supernya”, tiru pula bagaimana cara dia bersikap, pelajari cara-cara berbicara di depan publik dan sebagainya. Meniru itu baik, asalkan meniru hal yang baik.

Menambahkan
Setelah kita meniru maka saatnya kita berinovasi, kan setiap orang punya kelebihan-kelebihan masingmasing. Nah tambahkanlah kelebihan itu, jika sebelumnya kita mengamati, lalu meniru maka terakhir tambahkanlah inovasi dari Anda. Misalnya dalam contoh di atas, mau jadi pembicara motivasi maka kita bisa mencoba berinovasi, misalnya dalam gaya bahasa, materi dan lain sebagainya.

Penarapan dari konsep rumus ATM ini sangat magic, dan saya sudah buktikan sendiri. Jadi, apakah Anda tertarik mencoba?

Prinsip 6 : Orang Kaya Itu Banyak Bersedekah

Kalau teman-teman sudah baca buku 7 Keajaiban Rezeki karya Kak Ippho Santosa maka teman-teman pasti sudah tahu bahwa

Nah apakah teman-teman sudah banyak bersedekah? Bukankah sebelumnya kita sudah merenungkan betapa beruntungnya hidup kita karena ada banyak sekali hal-hal yang bisa kita syukuri. So, mudah-mudahan kita lebih sering lagi bersedekah dan kita bisa menjadikan sedekah sebagai kebiasaan kita.

Bicara soal sedekah, ada banyak cara sedekah yang bisa kita lakukan lho. Tidak harus uang, akan tetapi ada banyak cara lain. Seperti :
· Sedekah ilmu, misalnya teman-teman punya ilmu, nah teman-teman bisa bagikan ilmu itu kepada orang-orang. Misalnya lewat karya tulis (seperti artikel, ebook, buku, dsb), lewat diskusi dan banyak lagi. Mudah-mudahan dengan sedekah ilmu, ilmu kita bisa ditambah lebih banyak lagi. Aamin.
· Sedekah tenaga.
· Sedekah pikiran.
· Sedekah hal-hal baiknya.
Satu hal yang harus kita latih dalam bersedekah adalah ikhlas dan zero pamrih. Apa itu zero pamrih? Zero pamrih adalah istilah bahwa kita bersedekah tidak berharap pamrih pada manusia, melainkan ikhlas untuk memohon berkat dan berkah dari Tuhan. Yuk, sedekah.

Prinsip 7 : Orang Kaya Selalu Punya Nilai Tambah

Orang kaya itu mengerti bahwa uang (rezeki) datang dari penciptaan nilai tambah untuk orang lain. Kalau kita mau mendapatkan uang, maka ada sesuatu yang harus kita tukar bukan? Oleh karena itu membuat diri kita punya nilai tambah adalah hal yang sangat penting. Bagaimana cara supaya diri kita bisa punya nilai tambah?

Tentunya dengan menjadi sebaik-baiknya pribadi, misalnya dengan :
· Berlaku lebih hormat dan ramah pada orang lain.
· Lebih banyak melayani orang lain.
· Menjadi lebih disukai oleh orang lain, lha gimana caranya? Buat orang lain suka sama Anda, misalnya dengan menjadi orang yang humoris, suka membantu dan tidak suka ngomongin orang lain, dan banyak lagi cara lainnya. Bicara soal nilai tambah, nah ini saya punya kata-kata mutiara yang bagus lho.

Prinsip 8 : Selalu Mengambil Resiko yang Diperhitungkan

Salah satu syarat mutlak yang harus kita miliki kalau mau jadi orang yang sukses dan kaya adalah berani mengambil resiko. Tentu saja resiko yang diperhitungkan. Ada yang bilang semakin banyak kita mencoba, semakin besar peluang kita untuk berhasil. Nah kalau begitu mari kita ambil resiko dalam hidup ini.

Tentu saja kita mengambil resiko yang membaikkan kehidupan. Akan tetapi kalau kita mengambil resiko, bagaimana kalau kita salah? Orang sukses itu bukan orang yang tidak pernah salah, akan tetapi orang sukses adalah orang yang cepat belajar dari kesalahan. Buat salah, lalu perbaiki dan pelajari. Buat salah lagi, perbaiki dan pelajari lagi. Bukankah semakin banyak salah, semakin banyak kita belajar.

Tapi ingat, jangan sampai jatuh di kesalahan yang sama, kalau jatuh di kesalahan yang sama itu tandanya kita belum belajar. Jadi makin cepat kita salah, makin cepat kita belajar. Setuju? So, teman-teman ku yang baik hatinya, yuk kita tidak takut gagal lagi, ambil resiko. Sebab dibalik kegagalan pasti ada keberhasilan. Mudah-mudahan kita lebih berani mengambil resiko.

Prinsip 9 : Orang Kaya Menggunakan Sistem

Ya, salah satu syarat kalau kita mau kaya adalah menciptkan sistem. Lihatlah perusahaan-perusahaan besar seperti KFC, Starbucks, Mac Donalds, mereka semua punya sistem. Dalam bisnis dikenal ada istilah yang namanya franchise (waralaba). Nah perusahaan-perusahaan seperti yang saya sebutkan itu punya sistem yang namanya franchise, dengan sistem itu mereka bisa berkembang sangat cepat seperti virus yang menyebar.

Dengan sistem yang namanya franchise, KFC misalnya bisa buka cabang tanpa perlu keluar modal uang. Lho koq bisa gitu? Iya karena mereka bekerja sama dengan orang lain. Bagaimana caranya? Sudah deh, Anda baca langsung di http://id.wikipedia.org/wiki/Franchise :).

Tapi di sini kita tidak bicara soal bisnis waralaba, bisnis waralaba (franchise) adalah salah satu bentuk sistem yang ada dalam bisnis. Nah kalau kita mau kaya kita perlu punya sistem. Orang kaya itu membuat sistem atau mengadopsi sistem yang sudah terbukti berhasil, mereka maunya punya sistem sendiri. Sebab si pemilik sistemlah yang akan sukses.

Contoh dalam sebuah perusahaan, lebih kaya mana si pemilik atau si karyawan? Pemilik bukan? Nah itu karena si pemilik punya sistem perusahaan itu. Kalau karyawannya mah, cuma pekerja di sistem itu. Sederhana sekali ya? Siapa yang punya sistem dia yang kaya. Lalu bagaimana caranya membangun sistem? Nah itu perlu kita pelajari. Cara membangun sistem tidak kita bahas di ebook ini, kita harus belajar dari pengalaman langsung di dunia nyata. So, sahabat-sahabat Indonesia yang super (*Mario Teguh : mode ON) yuk kita miliki sistem.

Prinsip 10 : Orang Kaya Tidak Sinis

Pernah liat orang sinis? Gimana sih orang sinis itu? Orang sinis itu biasanya suka memandang rendah atau merendahkan orang lain. Contohnya seperti ini, Misalnya dia (orang sinis) dinasehati nasehat baik, dan dia jawab.. ahh teori. Atau seperti ini jawabannya iya, ngomongnya aja mudah. HL. 

Mencken mengatakan bahwa orang yang sinis adalah orang yang bila mencium bau bunga, dia kemudian akan mencari peti mati di sekelilingnya. Dalam artian orang itu selalu mencari sisi hitam dari satu peristiwa. Gak enak kan kalau punya teman orang sinis?

Orang sinis ini sangatlah susah untuk sukses, untuk itu sifat sinis yang mungkin saja ada di dalam diri kita haruslah kita buang jauh-jauh. Setuju kawan? Kalau kita selalu sinis terhadap hal-hal baik, kapan hal baik itu kita dapatkan. Padahal semakin banyak hal baik yang kita dapatkan semakin baik pula kehidupan kita. Nah teman-teman, itu dia 10 prinsip orang kaya, mudah-mudahan bermanfaat.

Demikian artikel semoga menjadi inspirasi dan dapat bermanfaat bagi para calon pengusaha baru.

No comments:
Write komentar