Thursday, September 8, 2016

Berpikir dan Bertindak Seperti Orang Kaya Adalah Rahasia Sukses Sejak Muda

Berpikir dan Bertindak Seperti Orang Kaya Adalah Rahasia Sukses Sejak Muda

Apakah kita perlu jadi kaya? Ya.. perlu.

Mulai sekarang jangan lagi kita pura-pura soal uang. Uang itu penting, tapi ingat bahwa tidak semua hal bisa kita beli dengan uang. Uang memang penting tapi jangan menjadikan uang sebagai sesuatu yang pokok.

Jangan pernah berpikir Anda bisa membeli seseorang dengan uang!!. Sering sekali kita mendengar atau bertemu dengan orang yang mengatakan, saya tidak kaya tidak apa-apa, lebih baik saya miskin daripada banyak harta tapi jadi pelit, lupa diri dan sombong. Mungkin mereka bilang begitu, tapi saya yakin kalau orang-orang itu dikasih uang banyak pasti mereka mau.

Tanpa bermaksud mengurangi rasa hormat pada orang-orang tipikal di atas, memang itulah gambaran budaya orang-orang kita saat ini. Mereka tidak bisa disalahkan, karena kesalah pengertian mereka. Karena memang kita sering melihat sebagian kecil orang kaya yang lupa diri, sombong, dan merugikan sesama. Contoh nyatanya lihat pada koruptor di TV itu.

Akan tetapi, akan sangat baik kalau mulai sekarang kita membantu sesama kita untuk mendapatkan pengertian baru bahwa tidak semua orang kaya itu jelek, jadilah kaya agar kita bisa mendermakan sedekah lebih banyak, agar kita bisa mendirikan sekolah bagi anak-anak berkekurangan, atau membantu pengobatan sesama kita yang masih kesulitan hidup.

Kekayaan itu bukan cuma harta dan materi loh. Kita tidak boleh mempersempit pandangan bahwa kekayaan itu hanya materi dan uang. 

Kekayaan lebih dari sekedar itu, Apakah iman termasuk kekayaan? 

Apakah kesehatan, nama yang baik dan pengaruh bagi kebaikan sesama itu kekayaan?

Ya.. jelas.

Maka mari kita mengkayakan diri kita.
Kekayaan sering dianggap sebagai salah satu indikator sukses atau tidaknya seseorang. Maka dari itu kalau kita mau sukses semuda mungkin, kita perlu membangun yang namanya kebebasan finansial, dan kesalehan pribadi sejak muda. 

Bagaimana cara supaya kita bisa segera membangun kebebasan finansial sejak muda?

Caranya adalah dengan berpikir dan bertindak seperti orang kaya. Tentunya seperti orang kaya yang baik. O iya, mungkin Anda bertanya-tanya kenapa sih kita perlu membangun kebebasan finansial sejak muda? Mari simak alasannya.

Kenapa Perlu Membangun Kebebasan Finansial?

Kebebasan finansial adalah suatu keadaan di mana kita tidak perlu lagi bekerja untuk mendapatkan penghasilan yang cukup. Cukup mengandalkan aset yang sudah kita bangun. 

Apa sih aset itu? 

Mungkin teman-teman belum tahu yang namanya aset.

Aset itu adalah kekayaan yang bisa menghasilkan uang untuk kita. Contoh aset misalnya : nama baik, kantor yang dipakai untuk bisnis, motor yang dipakai untuk ngojek (kerja), mesin di pabrik dan lain sebagainya. Selain aset ada yang namanya liabilitas (beban). Liabilitas ini adalah barang/sesuatu yang ada pada kita, tapi keberadaannya justru mengurangi uang kita. Misalnya motor yang cuma dipakai buat gayagayan, mobil yang dipakai untuk sekedar pamer, gadget yang cuma dipakai buat senang-senang dan banyak lagi.

Orang kaya itu adalah orang yang membangun aset, mereka tidak tergoda untuk pakai barang-barang mahal hanya demi pamer agar tidak dikira miskin. Orang yang bangga pakai barang mahal biasanya adalah orang yang yakin dirinya murah. Nah berikut ini beberapa alasan kenapa kita harus berusaha semuda mungkin mencapai yang namanya kebabasan finansial.

· Biaya hidup semakin hari semakin mahal. Dulu waktu tahun 2006, harga gorengan di Lubuklinggau (kota saya) adalah 250 / buah (1000 dapat 4 buah gorengan). Sementara sekarang 2012, harga gorengan sudah 2000 rupiah/3 buah. Terlihat kan kalau biaya hidup semakin mahal? Itu baru gorengan lho, belum biaya pulsa, biaya sekolah dan banyak lagi.

· Biaya pendidikan itu mahal. Pendidikan itu sangat-sangat-sangat penting, dengan pendidikan yang baik seseorang bisa menjadi pribadi yang lebih berilmu dan bermanfaat, untuk itu jangan sepelekan pendidikan. Tapi yang jadi masalah, semakin tahun biaya pendidikan semakin naik.

· Hidup ini butuh fasilitas. Coba deh teman-teman perhatikan, seberapa penting handpone sekarang. Mungkin kalau tahun 80-an dulu, handpone bukanlah kebutuhan pokok. Tapi coba sekarang, sebagian besar orang butuh handpone. Nah makin hari biaya untuk faslitas hidup kita (seperti handpone, laptop, gadget, asuransi dan lainnya ) semakin mahal.

· Untuk mempersiapkan masa pensiun yang cemerlang dan penuh kesejahteraan. Berapa banyak orang-orang di sekitar kita yang masa tuanya “berat”? Biaya kesehatan mahal, tapi untuk membiayanya tidak sanggup, belum lagi tanggungan anak-anak dan cucu-cucunya. Gak mau kan kalau masa tua kita nanti hidupnya susah dan kita masih harus bekerja keras padahal sudah saatnya kita pensiun? Untuk itu kita harus siapkan masa pensiun dari sekarang, jangan berharap uang pensiun dari orang lain, tapi buatlah tabungan pensiun Anda sendiri.

Sudah tahukan, kenapa kita perlu jadi sukses dan kaya semuda mungkin?

Demikian artikel semoga menjadi inspirasi dan dapat bermanfaat bagi para calon pengusaha baru.

No comments:
Write komentar