Friday, September 30, 2016

Peluang Usaha Membuka Bengkel Sepeda Motor

Usaha di bidang otomotif memang lekat dengan anak muda. Jadi, jangan heran jika perkembangannya pun sangat pesat. Bahkan, urusan kendaraan pun kini sudah tidak melulu menjadi urusan kaum Adam. Belakangan, wanita pun mulai ada yang menekuni dunia otomotif. Sudah tentu ini akan makin membuat dunia otomotif makin marak. Dan, hebatnya lagi, dunia otomotif pun makin berkembang mengikuti zaman. Jadi, peluang akan tetap terbentang.
Peluang Usaha Membuka Bengkel Sepeda Motor

Nah, satu bidang yang berhubungan paling erat dengan dunia otomotif, apalagi kalau bukan bengkel kendaraan? Urusan memereteli dan mendandani, serta memodifikasi kendaraan agar lajunya makin ciamik dan kondisi tetap terawat, memang sering harus ditangani sang ahli. Karena itu, bengkel selalu menjadi “klinik kesehatan” kendaraan yang paling dipercaya pemilik kendaraan. Jika kita menengok perkembangan jumlah kendaraan yang saban hari berseliweran di jalan, usaha membuka bengkel barangkali tidak bakal ada matinya. Untuk itu, bagi kamu yang punya keterampilan tertentu dalam urusan utak-atik kendaraan, membuka bengkel barangkali dapat menjadi salah satu bentuk usaha yang cukup menguntungkan.


Untuk memulai usaha ini, apa yang paling dibutuhkan? Yang jelas, pertama adalah keahlian mengenali masalah yang biasa dialami kendaraan. Kemudian, sudah pasti kemampuan dasar untuk menyelesaikan masalah tersebut. Karenanya, selain harus tahu seluk-beluk kendaraan, kamu juga harus tahu perkembangan teknologi terbaru di dunia otomotif sehingga nantinya kamu benar-benar menjadi “dokter” kendaraan yang bisa dipercaya. Untuk itu, selain bisa memulai dengan ikut kursus otomotif, kamu juga bisa mencari karyawan yang siap pakai. Sudah tentu, jika ini pilihan kamu, biaya pun bisa lebih besar. Tapi, hal ini pun bisa diminimalisir jika kamu menggunakan sistem bagi hasil dengan karyawan kamu.

Bagaimana prospeknya? Lihat jumlah kendaraan di daerah kamu. Makin hari dijamin pasti makin bertambah jumlahnya. Sebab, untuk memiliki kendaraan roda dua, sekarang ini dengan uang Rp 500 ribu pun jadi. Nah, biasanya ongkos ringan perbaikan kendaraan sekitar Rp 15 ribuan ke atas. Sedang kalau yang kelas berat atau bahkan misalnya harus turun mesin, plus sekalian penggantian suku cadang kalau rusak, biayanya bisa mencapai ratusan ribu. Kalau kamu bisa mendapat lokasi yang cukup strategis, misalnya di pinggir jalan besar, kamu akan lebih mudah memasarkan jasa ini. Jika sehari minimal 10 motor saja dengan perbaikan ringan, kamu sudah bisa mengantongi keuntungan ratusan ribu. Ditambah lagi kalau “pasien” kamu harus ganti suku cadang, keuntungan kamu bisa jadi makin berlipat. Bagaimana? Sudah siap jadi pengusaha di bisnis perbengkelan?


Demikian artikel Peluang Usaha Membuka Bengkel Sepeda Motor semoga menjadi inspirasi dan dapat bermanfaat bagi para calon pengusaha baru.

No comments:
Write komentar