Monday, January 2, 2017

Membuka Usaha Jasa Pencucian Pakaian atau Laundry

Banyak orang bertanya peluang apa saja yang masih bisa digarap saat ini tapi cukup mudah dilakukan dan dengan modal yang tak terlalu besar? Jawabannya, banyak. Asal cermat dan tahu seluk beluk kebutuhan keseharian tiap orang, pasti akan dapat dengan mudah menemukan peluang. Dari urusan perut, perawatan tubuh, hingga kebutuhan akan hiburan adalah peluang yang bisa digarap. Nah, tinggal bagaimana kamu menemukan peluang itu dan segera menjadikannya sebagai sebuah usaha yang menghasilkan bagi kamu. 
Membuka Usaha Jasa Pencucian Pakaian atau Laundry

Salah satu usaha yang mungkin cukup mudah dilakukan dan biayanya tak terlalu mahal, bahkan sangat murah, adalah usaha cuci baju alias laundry. Kenapa tidak? Kamu mencuci baju berapa hari sekali? Berapa baju yang kamu miliki? Belum lagi setelan pelengkap lainnya, seperti celana, underwear, kaos kaki, dan pernak pernik lain yang perlu dibersihkan setiap kali habis dipakai. Coba tengok sekeliling kamu juga. Pasti banyak pakaian kotor yang siap cuci. Waduh, tapi kok urusannya dengan yang kotor-kotor, ya? 

Nggak usah mikir gengsi, deh. Banyak orang yang jadi sukses dengan membuka jasa laundry dan mendapat penghasilan cukup besar dan sini. Sebab, banyak orang sibuk yang seringkali hanya mencari praktisnya dengan menitip cucian ke tukang laundry. Dan, tahukah kamu? Untuk laundry dengan cara khusus atau dry cleaning bagi pakaian-pakaian tententu, biayanya cukup mahal. Bisa mencapai Rp 10 ribu per potong. Lainnya bagaimana? Ya, macam-macam. Dari yang kecil bisa sekitar Rp 300 sampai Rp 5000-an sekali cuci. Kalau dikumpulkan, dalam sehari bisa dapat cucian banyak stel, hasilnya bisa cukup mencengangkan. 

Bahkan, ada juga yang kreatif membuka laundry dengan sistem kiloan. Harganya per kilo cucian dari sekitar Rp 25.000 sampai Rp 50.000-an, tergantung jenis layanan cucian, apakah sampai disetrika halus dan kilat atau tidak. Unik, bukan? Jadi, kalau kamu bisa memberi solusi dengan jasa laundry ini, kenapa tidak dicoba?

Oh, ya, ada beberapa hal penting yang juga harus kamu perhatikan sebelum memulai usaha ini. Dari segi teknis, yang perlu kamu perhatikan adalah daya listrik yang dibutuhkan mesin cuci kamu. Kemudian daya tampung mesin cuci juga harus kamu perkirakan. Usia mesin cuci pun ada masanya. Jangan paksakan mesin cuci untuk terus-menerus digunakan pada kapasitas maksimal daya tampungnya agar bisa lebih awet. Untuk beberapa mesin cuci, perlu juga diperhatikan tingkat kekotoran baju, luntur atau tidak, dan berat atau tidak baju itu. Semua itu menentukan bagaimana nantinya meng-operasikan mesin cuci agar hasilnya maksimal. 

Masih belum yakin? Kalau belum yakin, kita coba, deh, telusuri dulu apa saja yang diperlukan di usaha ini. 

LOKASI 

Di sini lokasi tidak terlalu penting. Sebab, justru gang--gang sempit perumahan itulah pasar potensial yang bisa kamu garap. Tapi, kalau memang punya lokasi di pinggir jalan yang terlihat, itu bisa menjadi nilai lebih dari usaha kamu. Setidaknya, ini bisa membantu kamu agar gampang dicari orang. Oh, ya, coba juga tawarkan jasa ini ke kos-kosan atau teman satu kuliahan, itu adalah pasar potensial. Jadi di sini, kamu memang wajib jemput bola. 

MODAL KERJA 

Modal utama usaha ini adalah peralatan pendukung untuk mencuci. Di bagian inilah dana kamu harus dikonsentrasikan. Mulai dari membeli mesin cuci yang kelas menengah sehingga bisa awet. Sediakan juga setrika, hanger, jemuran, kalau perlu, beli juga mesin pengering pakaian khusus. Bagi yang ingin membuka jasa laundry kiloan, sediakan timbangan. Jangan lupakan juga untuk menginvestasikan sebagian modal kamu di awal untuk menyediakan brosur promo dan papan nama, sehingga usaha kamu bisa dikenal orang. 

Demikian artikel semoga menjadi inspirasi dan dapat bermanfaat bagi para calon pengusaha baru.

No comments:
Write komentar