Tuesday, January 3, 2017

Usaha Bisnis Onderdil dan Aksesoris Motor Yang Menjanjikan

Penampilan saat ini menjadi hal yang cukup penting. Bukan saja penampilan yang melekat pada tubuh; tongkrongan alias kendaraan pun kini juga harus mengikuti tren. Harus tampil cantik dan ciamik. Karena itu, sekarang banyak sekali tukang jualan onderdil dan aksesoris untuk mempercantik kendaraan. Mulai dari yang paling sederhana yakni stiker aneka rupa, tutup pentil ban, knalpot, hingga aneka bagian lain dari kendaraan, dijual dengan harga yang beraneka pula. Ada yang merk Cina, ada yang merk pabrikan asli, semuanya bertujuan untuk memberi kenyamanan bagi si pengendara dan mempercantik kendaraan yang ditumpangi. 

Usaha Bisnis Onderdil dan Aksesoris Motor Yang Menjanjikan

Kamu sendiri bagaimana? Bagi kamu yang hobi utak-atik kendaraan bermotor, barangkali sembari iseng mengubah penampilan kendaraan kamu, mengapa tidak sekalian terjun ke bisnis ini? Sambil menyelam, minum air. Atau sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui, bukan? Kamu bisa mempercantik kendaraan kamu, sekaligus kamu pun bisa melayani penjualan berbagai aksesoris bagi orang yang juga ingin kendaraannya tampil keren. 

Bagaimana? Untungnya lumayan gede, lho. Bisa sekitar 20 persen sampai 70 persenan untuk tiap item barang, tergantung dari mana kamu mengambil barang tersebut. Atau malah, bagi kamu yang sudah dipercaya oleh pabrikan yang memproduksi onderdil dan aneka aksesoris ini kamu bisa utang. Biasanya pabrikan besar bisa saja memercayakan produk mereka untuk dijual di tokomu dengan sistem bayar di belakang. Kamu pesan barang yang paling laku dijual (fast moving goods) dan bayarnya bisa satu bulan ke belakang. Enak, bukan? 

Lantas, apa saja sih barang yang biasanya cepat laku di bisnis ini? Coba saja lihat dari tongkrongan kamu, apa saja yang sering kamu utak-atik dulu. Untuk motor, yang paling sering diganti biasanya adalah velg dan knalpot. Untuk velg racing dan knalpot, keuntungan yang kamu dapat bisa Rp 50 ribu sampai Rp 200 ribuan per item barang –sekali lagi, tergantung di mana kamu kulakan barang ini. Kemudian helm jenis sport, itu termasuk salah satu barang yang juga sering dicari. Untuk helm jenis ini untungnya sekitar Rp 50 ribuan sampai Rp 100 ribuan. Kemudian onderdil. 

Usahakan juga kamu melengkapi onderdil paling dasar seperti busi, kabel rem, kampas rem, rantai, serta beberapa onderdil lain. Dengan begitu, konsumen yang datang ke tempatmu bisa mendapat semua kebutuhan yang diperlukan untuk kendaraannya hanya dari satu lokasi penjualan, yakni tempatmu. Kalau sudah begitu, plus pelayanan yang oke, misalnya bebas pasang atau bonus ganti oli, pelanggan bisa setia pada tokomu. Kalau sudah begitu, keuntungan sudah terbayang setiap bulan di depan mata. Bagaimana, siap berusaha? Kalau sudah, mari kita telusuri beberapa hal berikut agar usaha kamu makin ciamik. 

LOKASI 

Kunci utama di bisnis onderdil dan aksesoris kendaraan ini adalah lokasi. Coba cari lokasi yang dekat kampus, dekat kos-kosan, atau lokasi lain yang dekat dengan lalu lintas kendaraan bermotor. Biaya sewa ini bisa sangat bervariasi. Mungkin hanya Rp 200 ribu per bulan, tapi bisa juga lebih dari itu. Apalagi, jika kamu menyewa di pusat perdagangan onderdil, kamu sudah tentu harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Biayanya berkisar Rp 1 – 1,5 jutaan per bulan. Usahakan punya tabungan lebih dari usaha ini dan coba mulai investasikan juga untuk membeli tanah atau ruko ukuran sedang untuk memperbesar usaha nantinya. 

Oh ya, untuk usaha ini jangan melihat tetangga yang sama-sama jualan sebagai pesaing. Malah, kalau bisa diajak kerja sama. Jadi, ketika kamu tidak punya satu barang, kamu bisa jadi penyalur barang toko orang lain. Meski untungnya lebih sedikit, tapi dengan begitu tokomu makin lengkap. 

MODAL KERJA 

Modal kerja yang utama usaha ini adalah untuk menyediakan berbagai aksesoris dan onderdil jualan kamu. Layaknya penjual retail, kamu harus kulakan aneka barang ini di dealer atau distributor di kota kamu untuk mencari barang yang termurah. Makin minim harga yang kamu peroleh dari distributor, makin besar keuntungan yang bisa kamu raih dari barang yang kamu jual itu.

Demikian artikel semoga menjadi inspirasi dan dapat bermanfaat bagi para calon pengusaha baru.

No comments:
Write komentar