Monday, August 10, 2015

Mengapa Memilih Usaha Kuliner ?

Mengapa Memilih Usaha Kuliner
A. Banyak Peminatnya dan mudah dikerjakan

Bisnis kuliner memang tidak pernah ada matinya. Semakin hari, bisnis ini semakin banyak digeluti dan bisa berjalan lancar meskipun banyak pesaingnya. Hal ini membuktikan konsumen atau peminat produk kuliner itu banyak.

Saat ini, tidak sedikit orang yang terbiasa makan di luar rumah, apalagi mereka yang tinggal sendiri (belum berkeluarga) dan seharian berada di tempat kerja. Orang seperti ini biasanya akan selalu “makan di luar”. Usaha kuliner tetap bisa berjalan lancar karena produk yang dijual berhubungan dengan “masalah perut” yang merupakan kebutuhan pokok manusia. Usaha kuliner bisa dijalankan dengan berbagai kelas, dari pedagang kali lima, pedagang keliling, warung tenda, kafe, rumah makan, hingga restoran.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini bervariasi, bisa dengan modal kecil atau besar. Kelebihan usaha kuliner di antaranya bisa dijalankan dengan modal kecil dan tingkat pengembalian modalnya relatif cepat. Bahkan, ada usaha makanan yang hanya dalam hitungan minggu sudah kembali modal.

Usaha di bidang kuliner termasuk usaha yang mudah dijalankan, asalkan kita memiliki kemampuan memasak dan niat yang kuat untuk menjalankan usaha ini. Namun, bagi yang tidak mahir memasak pun masih bisa berkecimpung dalam usaha kuliner karena bisa merekrut beberapa karyawan yang bertugas memasak dan melayani pembeli. Sementara itu, semua administrasi dipegang sendiri.

B. Jenis Usaha Kuliner Yang Potensial Dikembangkan

Pada dasarnya semua jenis makanan yang kita kenal dan bisa konsumsi bisa dijalankan lahan bisnis yang menjajikan. Dari makanan yang sudah sangat familiar, seperti baso, mi ayam, soto ayam, dan nasi goreng, hingga makanan yang berasal dari suatu daerah seperti gudeg, rawon, nasi pecel dan soto makasar bisa kita jadikan lahan bisnis.

Selain makanan khas daerah, kita juga bisa berbisnis makanan yang berasal dari luar negeri, seperti hamburger dengan rasa dan komposisi yang tentu saja sudah disesuaikan dengan lidah orang indonesia. Makanan lain dari mancanegara yang sudah lama menjadi lahan bisnis di indonesia adalah siomay. Bumbu dan rasa siomay telah mengalami modifikasi, disesuaikan dengan selera orang indonesia.

C. Faktor Yang Perlu Diperhatikan Dalam Usaha Kuliner

Faktor yang paling berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis kuliner adalah lokasi. Tempat dengan komunitas tertentu, seperti sekolah, perkantoran, kampus dan perumahan merupakan lokasi yang bisa dijadikan pilihan tempat usaha.

Selain lokasi, faktor lain yang juga perlu diperhatikan adalah rasa makanan yang kita buat dan cara menyajikannya. Sebelum menjualnya, rasa makanan yang kita buat tidak ada salahnya diujicobakan ke beberapa orang terdekat. Setelah itu, kita minta agar mereka mengomentari masakan tersebut, baik rasa maupun penampilannya. Koreksi dari mereka merupakan masukan yang berharga agar kita bisa membuat makanan yang rasanya enak sehingga disukai orang banyak.

Faktor lain yang berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis kuliner adalah sesuatu yang khas, baik dari segi ukuran produk, pelayanan, nama makanan, penyajian, promosi, sehingga keunikan tempat. Faktor penting lainnya adalah memberikan harga yang berbeda (diferensiasi harga) disesuaikan dengan tempat usaha dan pangsa pasar. Contohnya, bubur ayam yang dijual di sekitar sekolah atau kampus bisa ditempatkan dengan harga Rp 3.000 – 4.000, dan untuk konsumen di perkantoran bisa ditetapkan dengan harga Rp. 5.000 – 10.000.

Promosi sebagai langkah awal memperkenalkan produk kita kepada konsumen juga perlu diperhatikan. Bentuk promosi yang bisa dilakukan di antaranya dengan memasang spanduk, meyebarkan pamflet atau memberikan potongan harga bagi pemesanan dalam jumlah banyak.

Salah satu promosi yang cukup efektif adalah promosi dari mulut ke mulut atau word of mouth. Promosi jenis ini umunnya bisa terjadi jika usaha yang dijalankan memiliki keunikkan rasa atau pelayanan yang baik sehingga konsumen merasa puas dan akan menceritakan kepada orang-orang terdekatnya. Promosi dari mulut ke mulut mempunyai kelebihan dibandingkan dengan promosi lainnya. Salah satunya adalah tidak memerlukan biaya sehingga kita tidak perlu pusing memikirkan pengeluarannya lagi. Keuntungan lainnya adalah pembeli lain akan lebih percaya jika yang memberitahu adalah orang yang sudah mencoba makanan tersebut.

4 comments:
Write komentar
  1. Bagus artikelnya, jadi tambah wawasan buat kami yang bergerak dibisnis kuliner.

    ReplyDelete
  2. Kenapa memilih usaha kuliner..? karena setiap manusia butuh makan. selama manusia masih makan maka usaha kuliner tetap hidup.

    ReplyDelete
  3. Pelanggan kami ada yang anaknya tidak suka bakso (alergi), tapi begitu mencicipi bakso yang kami produksi, selera si anak berubah pada bakso. Pengen nambah terus katanya. Kami bisa dihubungi via SMS/WhatsApp 0857-5621-6356

    ReplyDelete
  4. Untuk membuat suatu usaha kuliner yang paling penting adalah melihat jenis makanan apa yang paling potensial di daerah anda, lalu tempat dimanan anda akan berjualan merupakan salah satu faktor yang mendukung kesuksesan bisnis anda. menurut saya pribadi, bisnis kuliner sangat menjanjikan karena setiap manusia pasti membutuhkan makanan dan saat ini usaha kuliner yang unik sangat diminati oleh masyarakat.

    ohiya saya ingin ijin share info jika ingin membuat suatu usaha kuliner dan membutuhkan suatu peralatan dapur yang profesional untuk usaha anda. anda dapat mengunjungi link www.gastro.co.id karena gastro merupakan salah satu supplier peralatan dapur yang berkualitas. siapa tahu dapat membantu usaha anda. terimakasih

    ReplyDelete