Rabu, 19 Agustus 2015

Promosi Sederhana Pengusaha Rumahan

Promosi Sederhana Pengusaha Rumahan
Usaha rumahan bukan berarti tidak mengenal promosi. Promosi dapat sesuai dengan kondisi keuangan dan kebutuhan. Manfaat promosi adalah memperkenalkan produk yang dijual. Dalam situasi persaingan yang ketat, promosi dapat dijadikan sarana untuk mengenalkan produk.

Berikut ini beberapa promosi sederhana dan efektif yang dapat dilakukan pengusaha rumahan dengan modal kecil :

1. Sampling terbatas
Sampling terbatas, yaitu memberi uji coba makanan atau minuman yang dijual kepada agen atau penjual agar mereka mengenal produk yang dijual. Dengan cara ini, penjual yang telah mencicipi dan mencoba akan menceritakan keunggulan produk yang ada tawarkan kepada orang lain. Hal yang harus diperhatikan adalah mencari situasi yang tepat untuk memperkenalkan kepada konsumen.

2. Membuat Spanduk
Pembuatan spanduk berfungsi untuk mempermudah konsumen membaca dan mengenal serta memudahkan pencarian alamat usaha anda.

3. Menyebar Brosur atau Kartu Nama
Anda dapat membuat brosur sederhana yang berisi keunggulan produk, harga jual, kemasan, alamat, nomor telepon yang dapat dibuhungi. Penyebaran brosur yang dilakukan harus tepat sasaran agar menghemat biaya. Misalnya, memberikan brosur tentang ayam siap saji kepada ibu-ibu arisan atau ibu-ibu yang sedang menunggu anak sekolah atau dalam aktivitas santai.

4. Aktif Mengikuti Pameran
Pameran yang sering diadakan pemerintah atau lembaga swasta dapat anda jadikan sarana promosi agar produk yang dijual dikenal banyak orang. Lembaga yang sering mengadakan pameran, antara lain Departemen Perdagangan, pemerintah kota, koperasi atau lembaga swadaya lainnya.

5. Anggota Kelompok Usaha Kecil
Menjadi anggota kelompok pengusaha kecil yang terbesar diseluruh kota dapat dijadikan sarana untuk bertukar informasi dan pengalaman dengan pengusaha lain.

6. Memasang Iklan Mini
Memasang iklan mini pada surat kabar merupakan salah satu media promosi yang sangat terjangkau bagi pengusaha kecil untuk mengenal produk yang dijual kepada konsumen.

Tidak ada komentar:
Write komentar