Tuesday, August 11, 2015

Sumber Modal Usaha Rumahan

Sumber Modal Usaha Rumahan
Salah satu pertanyaan yang sering diajukan sebagian orang jika ingin membuka usaha adalah bagaimana cara memperoleh modal usaha. Modal usaha adalah dana yang digunakan untuk kelangsungan seluruh kegiatan usaha. Baik itu yang menyangkut pembiayaan saat pertama kali membuka usaha, saat melakukan perluasan usaha, maupun saat menjalankan usaha sehari-hari.

Untuk memperoleh modal usaha dapat dilakukan dengan cara-cara berikut :

1. Modal usaha berasal dari dana yang dimiliki sendiri, misalnya tabungan.

2. Tagihan kepada pihak lain. Pengusaha bisa minta pihak lain yang berhutang agar dapat dmenjadikan utang itu sebagai modal usaha.

3. Hasil penjualan barang berharga, seperti emas dan berlian.

4. Meminjam kepada keluarga terdekat. Namun, sebelumnya anda harus benar-benar memperhitungkan niat ini secara matang. Meminjam kepada keluarga bisa bersiko. Makannya, pastikan bahwa anda benar hanya ini meminjam dan akan mengembalikan pada tempo yang sudah disepakati. Sehingga dengan begitu keluarga anda tidak ikut campur dalam masalah kebijakan usaha anda. Kalau hal ini terjadi, kadang hal sepele pun akan membuat peranan anda menjadi tidak nyaman. Sebaiknya ketika anda ingin meminjam uang, anda pinta memilih waktu dan kondisi yang tepat dari pihak yang akan meminjami uang. Sehingga urusan anda menjadi lancar. Jika pinjaman ke keluarga terdekat gagal, mungkin anda tidak ada salahnya mencari pinjaman dari teman dekat.

5. Melakukan penarikan dana lewat kartu kredit. Sebelumnya anda harus tahu besarnya bunga yang dibayatkan serta biaya-biaya yang dikenakan. Cermati pula cara pembayaranya sehinga anda tidak terlilit utang yang terus bertambah.

6. Pinjam dari bank yang dikenal sebagai kredit tanpa angunan. Agar kredit dapat diperoleh, anda harus benar-benar memerhatikan aplikasi yang diajukan ke bank.

7. Meminjam kepada lembaga keuangan lain dengan memberikan angunan, seperti tanah dan surat berharga lain. Untuk melakukan pinjaman ini, anda harus menyediakan dana minimum 20% dari dana yang dibutuhkan. Jika anda ingin meminjam kepada koperasi simpan pinjam, anda harus menjadi anggota koperasi terlebih dahulu.

Dari semua sumber modal di atas, ada hal yang paling penting lagi ketika anda sudah mendapatkan modal tersebut, yaitu anda harus tahu betul ke mana dan untuk apa saja modal anda mengalir. Juga, anda harus sudah bisa memperhitungkan kapan uang yang telah dikeluarkan tersebut dapat kembali.

No comments:
Write komentar