Monday, October 10, 2016

Peluang Usaha Menjadi Layanan Jasa Penerjemah

Modal utama bisnis ini adalah kemampuan berbahasa asing. Jika kita punya kemampuan berbahasa asing yang baik, kita bisa memanfaatkannya dengan menerima jasa penerjemahan. Para pengguna jasa penerjemah ini biasanya berasal dari kalangan mahasiswa. Materi terjemahan biasanya berupa buku, baik karya umum maupun sastra. 

Peluang Usaha Menjadi Layanan Jasa Penerjemah
 
Waktu pengerjaan terjemahan bergantung kesepakatan anda dan pelanggan. Dengan begitu, tentu saja anda lebih leluasa mengatur waktu kerja. Harga setiap terjemahan bervariasi. Biasanya dipertimbangkan dari jumlah naskah yang harus diterjemahkan serta tingkat kesulitan penerjemahan.

Selain mahasiswa, anda bisa membidik kalangan perusahaan. Misalnya penerbit atau perusahaan asing. Ada satu keuntungan bila anda bekerja pada penerbit, yaitu anda bisa membaca buku baru dimana belum ada orang yang pernah membacanya. Perusahaan ekspor-impor juga bisa jadi target anda. Mereka memerlukan penerjemah untuk mengalihkanbahasakan surat-surat bisnis atau dokumen penting lainnya.

Selain otak kita membutuhkan perangkat pendukung seperti komputer, printer dan kamus untuk memulai bisnis ini.

Pola promosi yang dapat dilakukan :

a. Semakin banyak yang mengenal kita, semakin banyak kesempatan kita mendapat pelanggan. Pasang papan nama, sebarkan brosur, atau pasang iklan di media massa mengenai bisnis anda ini.

b. Bergabunglah bersama milis-milis yang berkaitan dengan perbukuan atau komunitas perbukuan.

c. Berikan pelayanan ekstra seperti antar-jemput naskan dengan batas jumlah tertentu.

d. Bila klien anda adalah perusahaan, pastikan anda mendapatkan kontrak jangka panjang.

Demikian artikel Peluang Usaha Menjadi Layanan Jasa Penerjemah semoga menjadi inspirasi dan dapat bermanfaat bagi para calon pengusaha baru.

No comments:
Write komentar