Sunday, June 24, 2018

Kisah Sukses Apple

Salah satu perusahaan teknologi paling bernilai di dunia ini juga berawal dari garasi rumah milik steve jobs. Semula dimulai pada tahun 1976 ketika steve jobs dan sahabat karibnya steve wozniak mulai merintis apple. Keduanya saat itu baru berusia 21 tahun dan 26 tahun. Jobs bertemu dengan mike markkula yang mengambil pinjaman bank sebanyak USD 250.000 dan mereka bertiga membentuk perusahaan Apple Computer pada 1 april 1976.
apple
Rumah yang berlokasi di cupertino, california tersebut menjadi saksi mata jobs dan woziniak bersama tim kecilnya membuat dan mejual komputer apple I dengan harga tiap unit mencapai USD 500. Keunggulan apple I dibandingkan dengan komputer lain pada zamannya, yaitu telah menggunakan tv monitor. Monitor ini tidak seperti monitor yang kita kenal sekarang. Monitor apple I hanya mampu menampilkan teks dengan kecepatan 60 karakter per detik. Pada tahun 1977, perusahaan ini meluncurkan kembali apple II dengan desain yang lebih baru dibandingkan pendahulunya. Apple II inilah yang memiliki model seperti yang kita kenal sekarang sepagai Personal Computer (PC).

Seiring dengan berjalannya waktu, kini apple telah menjadi perusahaan besar dan mendatangkan keuntungan yang melimpah.

Ketika tenggang waktu memberikan nama untuk bisnisnya telah mencapai 3 bulan, steve wozniak kemudian menawarkan kepada stafnya, jika sampai pukul 5 sore hari ini tidak ada yang menentukan nama yang baik untuk perusahaan ini, nama tersebut akan diambil dari apa pun yang saya suka. Setelah pukul 5 sore, masih tidak ada yang menemukan nama yang tepat, kebetulan steve wozniak sedang makan buah aple saat itu dan sesuai dengan perkataanya, perusahaan tersebut mengambil nama dari buah apel sebagai perusahaan Apple Computer Company.

No comments:
Write komentar